welcome...

Welcome..

This is my first blog,,

Please join and comment
thank you ^^

Senin, 21 November 2011

ROSELLA PENINGKAT DAYA TAHAN TUBUH




            Kebanyakan tanaman rosella dipergunakan sebagai tanaman hias dan bebrapa diantaranya memiliki khasiat medis, salah satunya adalah rosella  merah (Hibiscus sabdariffa). Tumbuhan rosella  sejatinya sudah lama ada di Indonesia,hanya saja ia disebut dengan nama yang berbeda di setiap daerah. Tumbuhan rosella pertamakali diperkenalkan oleh Malaysia dengan sebutan asam paya, asam kumbang atau asam susur,  merupakan  tumbuhan yang mempunyai keluarga yang sama dengan bunga raya kembang sepatu (Hibiscus rosasinesis).

            Beberapa tahun terakhir, kelopak bunga rosella mulai popular sebagai produk kesehatan. Kelopak bunga rosella dapat diambil sebagai bahan minuman segar yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubu terhadap penyakit. Oleh sebab itu penulis terdorong untuk meneliti kandungan kelopak bunga rosella sebagai obat peningkat daya tahan tubuh.


Plantologi  Rosella (Hibiscus Sabdariffa)
Rosella memiliki lebih dari 300 spesies yang tersebar pada daerah tropis dan nontropis. Kebanyakan tanaman rosella dipergunakan sebagai tanaman hias dan beberapa diantaranya dipercaya memiliki kasiat medis, salah satu diantaranya adalah rosella merah atau rosella (Hibiscus Sabdariffa).

Rosella termasuk dalam keluarga Malvaceae yaitu tumbuhan semak tegak yang kebanyakan bercabang, memiliki bunga dan batang yang sewarna dan biasanya mencolok, memiliki daun berwarna hijau gelap sampai dengan merah, dan memiliki kulit dan batang yang berserat kuat. Bunga berwana merah sampai dengan kuning dengan warna gelap ditengahnya, dengan jumlah kelopak antara 3 – 7 buah. Bunga rosella memiliki putik sekaligus serbuk sari sehingga tidak memerlukan bunga lain untuk bereproduksiRosella (Hibiscus Sabdariffa) dapat hidup di daerah yang memiliki iklim lembab dan hangat pada daerah tropis dan sub tropis. Rosella memiliki kelebihan dibandingkan dengan tanaman tropis dan sub tropis lainnya yaitu dapat bertahan dalam cuaca yang sangat dingin serta dapat hidup dalam ruangan yang memiliki sedikit pencahayaan akan tetapi pertumbuhan terbaik diperoleh pada ruang terbuka dengan cahaya matahari (Morton, 1987) dalam (Qi, et. al. 2005).

 Kandungan kelopak bunga rosella

Bahan penting yang terkandung dalam kelopak bunga rosella adalah Gossy peptin anthocyanin dan Glucoside hibiscin,yang mempunyai efek diuretik dan choleretik serta sebagai tonik(obat kuat).


Kandungan kelopak bunga rosella dalam 100 gram

1.      Air 9.2 g
2.      Protein 1.145 g
3.      Lemak 2.61 g
4.      Abu 6.90 g
5.      Kalsium 1,263 mg
6.      Fosforus 273.2 mg
7.      Zat Besi 8.98 mg
8.      Karotena 0.029 mg
9.      Tiamine 0.117 mg
10.  Riboflafin 0.277 mg
11.  Niacin 3.765 mg
12.  Asid Askorbik 6.7 mg
Bunga rosella mempunyai kandungan Asid Askorbik yang cukup tinggi  yaitu 6.7 mg  yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap serangan penyakit.


        
            Kelopak bunga rosella (Hibiscus Sabdariffa) merupakan herbal sebagai obat peningkat daya tahan tubuh manusia terhadap serangan penyakit, karena kelopak bunga rosella mengandung Asid Askorbik yang membantu memperkuat daya tahan tubuh.


Sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar