welcome...

Welcome..

This is my first blog,,

Please join and comment
thank you ^^

Kamis, 01 Desember 2011

Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi ,,Belajar

assalammua'laikum,,

 Ini dalah postingan saya yang  ke .. .

go...
Banyak orang dan juga saya terkadang  sulit untuk berkonsentrasi saat belajar. Pada postingan yang lalu saya juga telah menulis tips mengenai cara untuk meningkatkan kecerdasan ,,,
dan  pada postingan kali ini saya mencoba untuk berbagi kepada teman-teman bagaimana tips / cara untuk meningkat kan konsentrasi saat belajar.. yang saya pikir erat kaitannya dengan hasil dan pemahaman yang kita dapat saat belajar.

Yuk kita lihat beberapa  tips untuk meningkat kan konsentrasi belajar yang saya dapat dari bebrapa sumber internet yang saya baca,,    

 
            hal yang paling pertama sekali yang kita lakukan saat akan belajar hendaklah membiasakan diri untuk membaca basmalah dan juga berdoa agar Allah memberikan pemahaman dan konsentrasi yang baik pada saat kita belajar. Dan ingat siapkan lah berbagai keperluan buku dan alat tulis saat kita akan memulai belajar untuk mengefektifkan serta mengefisienkan waktu yang kita pergunakan untuk belajar

 kemudian,,,

    • Cari Tahu Metode dan waktu Belajar Yang Tepat
    Manusai memilki metode belajar masng2 sesuai dengan kecerdasannya. Ketahuilah sifat/cara belajar anad apakah visual (melihat),audio(mendengar),kinetic(gerkan ), atau dari perpaduan hal tersebut.Terkadang  beberapa orang dapat memahami pelajaran sambil jalan2 kesana kemari, sambil corat-coret kertas, menonton tv dan sebagainya.dan  Coba saja aktivitas tertentu yang menurut kamu dapat menunjang masuknya materi pelajaran ke dalam otak.
    Selain itu waktu yang tepat juga saat menujnga proses dalam belajar. Misalkan ada yang suka belajar pada malam hari, pagi(subuh) atau pun siang hari.

    • Mulailah dengan sesi belajar yang pendek saja.
    Tambah waktu belajar lima atau sepuluh menit setiap hari hingga target itu tercapai.

      • Hilangkan Beban dan Tugas-Tugas
      Jika ada PR (pekerjaan rumah) sebaiknya diselesaikan dulu agar tidak kepikiran terus-menerus pada saat kegiatan belajar berlangsung. Lakukan identifikasi hal-hal yang harus dilakukan dan melaksanakannya agar tidak ada beban saat melaksanakan aktivitas belajar. 
      • Tempat Yang Tenang Tanpa Pengganggu Konsentrasi Beajar
      Hindari lokasi belajar yang berisik yang mudah menghilangkan konsentrasi belajar kita. Bila perlu menyendirilah di kamar tanpa suara apapun. Beritahu orang-orang di rumah kalau kamu sedang belajar dan mohon untuk tidak diganggu beberapa waktu demi masa depan yang cemerlang. Tutup jendela dan pintu juga agar bila ada sesuatu yang lewat atau bergerak kita tidak terpancing untuk melihatnya.
       
      • Posisi Belajar Yang Pas
      Belajar jangan dengan posisi tubuh yang salah seperti sambil tiduran, sambil jalan-jalan, sambil nonton tv, sambil ngobrol, dan lain sebagainya dapat menganggu belajar terutama kesehatan anda,. Belajarlah dengan posisi duduk di meja belajar jika ada atau di meja dan kursi yang membuat kita senyaman di meja kursi sekolah atau kampus. Jangan belajar sambil menghibur diri yang mengganggu seperti sambil main video game, main komputer, nonton televisi, sambil baca komik, dan sebagainya kerna terkadang hal ini membuat ketidak efien anda dalm belajar..
      • Pikirkan Manfaat Belajar di Masa Depan
      Untuk menyemangati kegiatan belajar kita harus sedikit berandai-andai, yakni kalau kita sudah besar nanti akan sukses jadi orang pandai, mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang sesuai dan halal ,menjadi orang yang dapat membantu masyarakat banyak, atau yang di banggakan oleh kelurga dan masyarakat atau lain sebagainya.

      serta Buatlah target kecil dan beri selamat pada diri sendiri ketika hingga target itu tercapai 


        • Makanan dan Minuman Pendamping
        Siapakan makanan dan minuman ringan yang biasa-biasa saja sekedar untuk isi perut dan menghilangkan haus saja. Contohnya snack, atau makanan tradisonal seperti singkong rebus dan teh tawar.

        • Jangan Terlalu Capek
        Usahakan tidak membuat jadwal belajar dengan aktivitas fisik berlebih seperti olahraga, main seharian, jalan-jalan ke mall, dan lain sebagainya. kalau sudah terlanjur capek maka setibanya dirumah beristrahat lah sejenak. Bila merasa sudah segar kembali maka anda dapat belajar dengan serius..

        • .Istirahat / Break Jika Lelah
        Kalau kita mulai lelah atau melamun,berhentilah!!! Beri waktu yang cukup untuk diri beristirahat.
        Beridiri, regangkan badan, lompat-lompat,kunyah makanan,cemilan atau permen, atau tidur sianglah sebentar jika kita betul-betul membutuhkannya.
        Jangan dipaksakan tubuh yang lelah untuk terus belajar karena tidak ada gunanya. Percuma bila dipaksakan pun bisa-bisa menjadi sakit seperti pusing, demam, badan lemas, masuk angin, dan lain-lain. Pelajaran yang sudah dihapal pun mungkin saja bisa terlupakan.

        • Hindari rasa malas.                 
        ada 2 faktor yang bisa membuat kita menjadi malas, diantaranya : internal dan eksternal .
        kalau intern, coba lah untuk menyemangati diri dan mencari solusi yang tepat dengan cara berdiskusi  dengan  keluarga atau sahabat anda.
        kalau faktorn ekstern, hindari dan jauhi hal2 yang membuat anda malas atau menyibukan diri dengan hal yang bermanfaat, 


                 Dan satu hal lagi yang penting jika telah selesai belajar hendaklah mengucapkan hamdalah agar ilmu yang di dpatkan ber manfaat dan mendapat berkah dari Allah…




        Sekian dulu postingnnya, mudah2 han bermanfaat,, trimaksih telah mengunjungi dan berkomentar ke blog ini.,,


        Tidak ada komentar:

        Posting Komentar